Dalam posting ini, kita akan melihat bagaimana Anda dapat menggunakan¬†¬†API pengindeksan¬†baru Google¬†¬†untuk membuat halaman dan konten situs web Anda segera dirayapi daripada harus menunggu!¬†ūüĖĖ

Bagaimana Anda Dapat Membuat Google Merangkak Situs Web Anda Secara Instan

Catatan:¬†Prosesnya sedikit berubah sejak video di atas direkam ‚Äď jadi, silakan merujuk ke tutorial tertulis terbaru di bawah ini untuk sementara.

Inilah mengapa ini benar  benar sepadan dengan usaha ekstra. 

  1. Peringkat lebih cepat (terutama penting untuk konten yang sensitif terhadap waktu)
  2. Tingkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat di atas pesaing Anda
  3. Tetap perbarui hasil pencarian untuk lalu lintas pengguna berkualitas lebih tinggi

Berkat API Pengindeksan Google, SEO Rank Math untuk WordPress, dan panduan yang kami susun untuk Anda ini, sekarang Anda dapat membuat situs web Anda berperingkat lebih cepat .

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat tetap selangkah lebih maju dari pesaing Anda dengan memastikan bahwa situs Anda dirayapi dan memiliki kesempatan untuk menentukan peringkat sebelum situs mereka melakukannya yang sangat penting dalam hal konten kompetitif yang sensitif terhadap waktu.

Proses pengaturan ini biasanya tidak terlalu mudah, tetapi jika Anda mengikuti¬†panduan langkah demi langkah ini¬†, Anda akan siap dan berjalan (atau, saya kira Anda bisa mengatakan naik dan memberi peringkat) dalam waktu singkat!¬†Jadi, tanpa basa-basi lagi ‚Äď mari langsung masuk dan lihat cara mengaturnya.

Catatan : Google menyarankan agar Anda menggunakan Indexing API HANYA untuk Situs Web Posting Pekerjaan dan Streaming Langsung. Selama pengujian kami, kami menemukan bahwa itu berfungsi pada semua jenis situs web dengan hasil yang bagus dan membuat plugin ini untuk pengujian.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda ingin menggunakan ini atau tidak, silakan berhenti membaca dan jangan melangkah lebih jauh. Seperti yang direkomendasikan Google, Anda tidak boleh menggunakan API pengindeksan ini di situs web uang. Silakan lanjutkan dengan risiko Anda sendiri.

Kami mengerti ini bukan untuk semua orang

BUKTI: Begini Cara Google Menanggapi Permintaan Kami

Dalam 1 jam setelah menerbitkan artikel ini:

Google Mengindeks Artikel Secara Instan

Setelah beberapa jam, Google memberi kami cuplikan unggulan untuk istilah pencarian

Cuplikan Unggulan Google menggunakan Indexing API

1 Unduh Plugin API Pengindeksan Google

KLIK DISINI

2 Langkah-langkah untuk Membuat Proyek API Pengindeksan

2.1 Buka Konsol Google API dan buat proyek baru

Pastikan Anda membuat proyek Indexing API baru yang dapat Anda lakukan secara otomatis dengan mengklik di sini . Dan kemudian klik  lanjutkan.

Daftarkan aplikasi untuk Indexing API

Jika setelah mengklik Lanjutkan , Anda melihat layar berikut, maka Anda telah berhasil membuat proyek:

Indexing API diaktifkan

Harap diperhatikan: Tidak perlu mengklik tombol ‘Buka Kredensial’.¬†Anda dapat menutup tab ini.

2.2 Sekarang buat Akun Layanan

Setelah Anda membuat proyek, buat akun layanan dengan membuka halaman akun layanan. Pertama-tama Anda akan diminta untuk memilih proyek API tempat Anda ingin membuat akun layanan ini (yang dibuat pada langkah sebelumnya).

Buka akun Layanan di Google Cloud Platform

Setelah memilih proyek yang ingin Anda buatkan akun layanannya, Anda akan dibawa ke halaman berikut, di mana Anda hanya perlu mengklik tombol Buat Akun Layanan yang disorot di bawah ini:

Klik Buat Akun Layanan

Pada layar Buat akun layanan , masukkan nama dan deskripsi untuk akun layanan yang baru dibuat.

Pilih dan salin seluruh ID Akun Layanan (yang terlihat seperti alamat email) karena Anda akan membutuhkannya nanti.Kemudian, klik tombol Buat di bagian bawah:

Masukkan ID akun Layanan Indexing API

Klik Buat dan Lanjutkan untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, di mana Anda perlu mengubah peran menjadi  Pemilik  dan, seperti yang sudah Anda duga, klik lanjutkan sekali lagi…

Tetapkan Izin Akun Layanan Menjadi Pemilik

Setelah Anda mengatur peran ke Pemilik seperti yang ditunjukkan di atas, cukup klik lanjutkan untuk menyimpan perubahan itu dan kemudian klik selesai.

Anda kemudian dapat mengunduh file yang berisi kunci API Anda . Untuk melakukannya, cukup klik tiga titik vertikal di kolom Tindakan , lalu pilih Kelola kunci seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Kelola Kunci API

Anda kemudian akan dibawa ke halaman berikut ketika Anda dapat mengklik Tambahkan Kunci dan kemudian pilih opsi Buat kunci baru , seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Buat Kunci baru

Pilih format JSON default saat diminta di overlay, dan klik Create :

Buat kunci pribadi sebagai tipe JSON

Setelah mengklik Buat file .json akan diunduh secara otomatis di browser Anda yang berarti Anda telah berhasil membuat kunci API & dapat melanjutkan ke langkah berikutnya…

2.3 Tambahkan Akun Layanan sebagai pemilik Properti Google Search Console Anda

Untuk melakukannya, Anda harus mendaftar dan memverifikasi situs web Anda dengan Google Search Console (jika Anda belum melakukannya) yang sangat mudah: cukup ikuti langkah-langkah yang disarankan untuk memverifikasi kepemilikan properti Anda .

Setelah memverifikasi properti Anda, buka Google Search Console, pilih properti Anda di sebelah kiri (jika diminta), lalu klik Pengaturan di dekat bagian bawah:

Buka pengaturan di Google Search Console

Klik Pengguna dan Izin :

Pilih Pengguna dan Izin di pengaturan Google Search Console

Klik pada tiga titik di sebelah akun Anda, lalu klik Kelola pemilik properti :

Buka Kelola Pemilik Properti di Google Search Console

Sebuah halaman akan terbuka di tab baru. Gulir ke bawah dan klik tombol Tambahkan pemilik di bagian Pemilik terverifikasi :

Pilih Tambahkan pemilik di bawah bagian Pemilik Terverifikasi

Masukkan ID akun Layanan (yang Anda salin sebelumnya) di  bidang alamat email pemilik baru dan klik Lanjutkan :

Tambahkan ID akun Layanan di bawah pemilik terverifikasi

Beralih kembali ke tab sebelumnya dan segarkan. Anda sekarang akan melihat akun Layanan terdaftar sebagai Pemilik baru.

Akun Layanan Google ditambahkan ke pengguna Google Search Console

Anda dapat menggunakan satu Project , Akun Layanan , dan Kunci API JSON di beberapa situs, cukup pastikan bahwa Akun Layanan ditambahkan sebagai Pemilik untuk semua situs di Search Console.

3 Konfigurasikan Plugin

3.1 Masukkan Kunci API Anda di pengaturan plugin

Setelah menginstal plugin , cukup navigasikan ke Rank Math > Instant Indexing Settings di area admin WordPress Anda, dan di bawah tab Google API Settings , rekatkan konten file JSON Anda, atau cukup unggah file tersebut.

Pilih Jenis Postingan di mana Anda ingin API Pengindeksan melakukan ping ke Google untuk merayapi situs web Anda segera setelah posting diterbitkan, diperbarui, atau dihapus dan klik Simpan Perubahan .

Mengonfigurasi JSON API Pengindeksan Instan Google

3.2 Sekarang saatnya menggunakan API pengindeksan Google untuk membuat posting atau halaman apa pun di situs Anda diindeks hampir seketika.

Buka tab Konsol dari bagian atas halaman. Layar akan muncul seperti di bawah ini.

Tab konsol di bawah Rank Math Instant Indexing

Masukkan URL (atau lebih) di bagian Pengindeksan Instan, dan pilih Tindakan sebagai Google: Publikasikan/perbarui URL . Kemudian, klik tombol Kirim ke API .

Kirim URL ke API untuk Pengindeksan Instan

Hanya dalam beberapa detik, Anda akan melihat respons dari API, mirip dengan yang di bawah ini.

Pesan sukses API Pengindeksan Instan

Anda dapat menggunakan tindakan Hapus URL atau Dapatkan Status URL , untuk menghapus URL dari indeks atau mendapatkan status URL saat ini.

Alih-alih memasukkan URL di sini dan kemudian mengindeksnya, Anda juga dapat melakukannya dari bagian Posting WordPress. Di sana, Anda akan melihat opsi untuk memperbarui kiriman, atau memeriksa statusnya.

Pembaruan Pengindeksan Instan dan dapatkan status di layar posting

Anda juga dapat menggunakan opsi tindakan massal untuk membuat beberapa posting diindeks atau diperbarui dengan cepat.

Menggunakan Tindakan Massal untuk Pengindeksan Instan

Dan itu saja! Kami harap Anda dapat memanfaatkan panduan ini dengan baik untuk membantu Anda memulai dan menjalankan API Pengindeksan Google .

Jadi, membuat Google mengindeks situs Anda secara instan tidak terlalu rumit, bukan?¬†Jika Anda memiliki pertanyaan, komentar, atau saran ‚Äď jangan ragu untuk¬†menge-¬†Tweet¬†@rankmathseo¬†.¬†Kami tidak sabar untuk mendengar kabar dari Anda.¬†ūüėÖ

Harap Catatan: Ini akan memakan waktu beberapa menit untuk situs web Anda untuk mulai merangkak setelah pengiriman berhasil. Pelajari lebih lanjut tentang seluruh proses di sini .

PS: Akan lalai untuk tidak menyebutkan bahwa kami mendapat ide untuk posting ini setelah membaca posting ini yang ditulis oleh David Sottimano tentang API Pengindeksan Google. Artikel lain yang patut dicoba adalah artikel Tobias Willmann di mana ia menguji API pengindeksan secara menyeluruh dengan URL normal yang tidak memiliki postingan lowongan atau data terstruktur Livestream .

PS 2: Secara resmi, API adalah untuk halaman yang berisi Postingan Pekerjaan dan data Terstruktur Livestream, namun, dari pengujian internal dan beta publik kami, tampaknya Google akan merayapi dan mengindeks jenis halaman apa pun terlepas dari data Terstruktur. Ini adalah cara yang efisien untuk membuat halaman dirayapi dengan cepat, daripada memintanya dari dalam Google Search Console.

Selain itu, Google berencana untuk menggunakan Indexing API alih-alih Peta Situs di masa mendatang.

4 Kesalahan Paling Umum & Perbaikannya

4.1 Bagaimana cara menginstal pluginnya?

Anda dapat menginstal plugin di situs Anda seperti plugin WordPress lainnya, menggunakan  salah satu  dari tiga metode berikut:

A) Menginstal melalui Panel Admin WordPress

Cari dan Instal plugin Pengindeksan Instan untuk Google di bawah dashboard WordPress > Plugins > Add New .

Instal Pengindeksan Instan untuk Googe melalui panel admin WordPress

B)  Unggah melalui Dasbor WordPress

Unggah file ZIP dari dasbor WordPress Anda, di  Plugins > Add New > Upload .

Unggah plugin Pengindeksan Instan melalui dasbor WordPress

C)  Unggah melalui FTP.

Pertama-tama Anda harus mengekstrak file zip di komputer Anda dan kemudian mengunggah folder baru  fast-indexing-api ke server Anda, di folder berikut:  /wp-content/plugins.

Unggah API Pengindeksan Cepat ke folder Plugin WordPress

4.2 403 Izin ditolak. Gagal memverifikasi kepemilikan URL.

Pastikan akun layanan terdaftar sebagai Pemilik situs di Search Console:

Periksa apakah Akun Layanan ditambahkan sebagai Pemilik

Jika Anda tidak melihatnya di sana, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka Kelola pemilik properti

Di halaman berikutnya, tambahkan akun layanan sebagai pemilik dengan tombol:

Tambahkan ID Akun Layanan sebagai pemilik

Kemudian, kembali ke Search Console dan segarkan untuk mengonfirmasi bahwa akun layanan telah ditambahkan dengan benar.

4.3 404 Entitas yang diminta tidak ditemukan.

Gunakan Konsol API untuk Memublikasikan/memperbarui halaman sekali, lalu Anda dapat menggunakan tindakan Dapatkan status .

4.4 403 Indexing API belum pernah digunakan dalam proyek [nama proyek] sebelumnya atau dinonaktifkan. Aktifkan dengan mengunjungi [URL] lalu coba lagi.

Salin dan tempel URL di browser Anda untuk membukanya, atau buka halaman ini dan pilih proyek Anda di dropdown di dekat bagian atas, lalu aktifkan API:

Aktifkan Indexing API di Google Cloud Platform

4,5 Bisakah saya menggunakan plugin tanpa Rank Math?

Ya, ini adalah plugin mandiri yang bekerja secara independen dari Rank Math. Namun, kami menyarankan untuk menggunakannya bersama Rank Math untuk hasil yang optimal.

4.6 Bisakah saya menggunakan kunci API Proyek/Akun Layanan/JSON API yang sama untuk beberapa situs?

Ya, Anda dapat menggunakan  proyek ,  akun layanan , dan  kunci API yang sama di beberapa situs, pastikan untuk menyetel akun layanan sebagai  Pemilik semua situs di Search Console.

4.7 Dapatkah saya meminta pengindeksan halaman dari situs web yang berbeda hanya dari satu situs web?

Tidak. Anda hanya dapat meminta pengindeksan untuk URL dalam domain dari domain itu sendiri, bukan situs web lain, meskipun diverifikasi dengan Akun Layanan yang sama. Misalnya: jika Anda menggunakan akun layanan yang sama di situs web A dan situs web B, maka Anda tidak dapat meminta pengindeksan URL situs web B dari situs web A. Anda harus melakukannya dari situs web B itu sendiri.

4.8 Dapatkah saya mengirimkan halaman yang tidak memiliki data terstruktur Posting Pekerjaan atau Livestream?

API secara resmi mendukung halaman yang berisi  Postingan Pekerjaan  dan  data terstruktur Livestream , dan direkomendasikan untuk digunakan hanya di situs web tersebut.

Namun, dari pengujian internal dan beta publik kami, tampaknya Google merayapi, mengindeks (jika kontennya asli, baru, dan bermanfaat), dan mengikuti tautan di laman mana pun yang Anda kirimkan melalui API, terlepas dari data terstrukturnya.

4.9 Sudah lebih dari 24 jam dan Google masih belum mengindeks halaman saya. Apa yang harus dilakukan?

Dalam pengujian kami, Googlebot merayapi laman yang kami terbitkan melalui API dalam beberapa menit, dan Anda dapat mengonfirmasi hal yang sama di situs Anda dengan memeriksa log akses.

Namun, ini tidak selalu menghasilkan  indeksasi  konten. Mungkin diperlukan waktu mulai dari menit hingga hari atau bahkan minggu sebelum URL muncul di hasil pencarian. Menggunakan plugin ini tidak menjamin bahwa halaman Anda akan muncul di hasil pencarian.

4.10¬†Saya mendapatkan “Kesalahan Tidak Terdefinisi” ketika saya mencoba untuk mendapatkan URL yang diindeks

Kesalahan ini dapat terjadi saat Anda mencoba mengirimkan URL dari situs web lain untuk pengindeksan. Pastikan Anda mencoba memperbarui, menghapus, atau memeriksa status URL yang berada di domain yang sama dengan domain tempat Anda memulai permintaan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *